Latest News

Uang Bukan Faktor Bikin Bahagia

, Posted by Mr. Jabat at 15.23

Money is not made ​​Happiness Factor


Penelitian terbaru menununjukkan, menghabiskan uang untuk merasakan suatu pengalaman dapat mendatangkan kebahagiaan
Orang menganggap uang adalah sumber kebahagiaan. Tapi faktanya tidaklah demikian. Sebuah studi terbaru menyatakan bahwa uang bisa digunakan untuk membeli kebahagiaan, asal yang dibeli adalah pengalaman, bukan barang.
Sekedar hiburan atau menonton  teater peneliti bisa membuat merasa lebih bahagia.  Demikian penelitian terbaru yang dimuat oleh Los Angeles Times.

Ryan Howell, asisten profesor psikologi dari San Francisco State University, bersama timnya meminta sejumlah orang menuliskan renungan mereka dan menjawab pertanyaan apa saja yang baru mereka beli. Temuan menunjukkan, penggunakan uang secara baik lah yang menimbulkan kebahagiaan.
“Temuan ini mendukung ekstensi teori kebutuhan dasar, yakni pembelian yang bisa memuaskan kebutuhan psikologi akan memproduksi dengan skalanya yang maksimal sensasi hidup yang lebih hidup,” kata Ryan Howell.

Menurut Howell, kelomok yang membelanjakan uang untuk menonton theate, , makan di luar  rumah atau menikmati liburan cenderung lebih gembira dibanding mereka yang membeli barangan dan tidak jelas peruntukannya. Ini lantaran mampu memenuhi kebutuhan, terutama kebutuhan bersosialisasi dengan orang lain dan vitalitas. Belum lagi pengalaman yang didapat itu bisa mewarisi kepuasan yang bertahan lama.
“Belanja pengalaman menyediakan modal memori,” kata Howell. “Kita tidak akan bosan dengan kenangan-kenangan indah, beda bila kita belanja barang.”
“Temuan ini mendukung perluasan teori kebutuhan dasar bahwa pembelian yang meningkatkan kepuasan terhadap kebutuhan psikologis akan melahirkan kesejahteraan yang terbesar,” tambah Howell.
Dalam penelitian ini, Howel melibatkan sekitar 154 responden dari usia 24 tahun hingga 5o tahun.

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Posting Komentar

Terimakasih Telah Berkunjung Ke Blog ini, Demi Majunya Blog ini Saya Mohon Kritik dan Saran Anda Yang membangun.