Latest News

Kelapa Menambah Kecerdasan

, Posted by Mr. Jabat at 14.22


Buah kelapa dalam Ramadan ini sangat laris. Buah yang pohonnya tumbuh di dataran rendah maupun tinggi ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Di pesisir pantai, sejauh mata memandang, tepiannya dijejali buah berkhasiat itu. Mulai akar, batang, daun, buah, air, dan bahkan tempurungnya bisa dimanfaatkan.

Kelapa yang sudah tua dan kering bisa diperas dan diambil santannya sebagai bahan masakan. Sementara yang muda sangat diminati isi dan airnya. Terutama untuk campuran es buah maupun es kelapa.

Buah kelapa kini menjadi  buruan kaum muslimin untuk menu berbuka puasa. Selain enak, buah ini juga memiliki kandungn gizi yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Kandungan isotonik, kalium, protein, dan serat tinggi yang dimiliki buah kelapa sangat bagus untuk mencegah stroke dan mampu mengembalikan energi. Oleh karena itu, tak salah jika kelapa menjadi salah satu menu andalan saat berbuka. Istimewanya lagi, kelapa memiliki kandungan PH yang sama dengan PH tubuh.

Demikian dikatakan pakar gizi, Prof. Veni Hadju saat ditemui FAJAR beberapa waktu lalu. Kelebihan lainnya, kelapa kaya mineral. Kelapa juga dapat menambah kecerdasan. Terlebih lagi, kelapa mengandung unsur makro berupa nitrogen dan karbon.

Unsur nitrogen di dalamnya berupa protein yang tersusun dari asam amino, seperti alanin, sistin, arginin, alin, dan serin. Ada juga unsur mikro yang sangat dibutuhkan tubuh, yaitu terdapat di air kelapa. Sementara unsur karbon dapat dijumpai dalam bentuk karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lainnya.

Keistimewaan lain kelapa adalah asam amino.  Begitu pula dengan unsur mikro pada airnya yang berguna sebagai pengganti ion tubuh.

"Itulah mengapa dengan meminum air kelapa muda tubuh kita terasa kembali segar. Lagi pula bisa digunakan sebagai cairan infus," kata  Asisten Direktur Tiga Pascasrjana Unhas ini.

Kandungan lain air kelapa adalah beragam vitamin. Selain vitamin C yang dominan, juga ada vitamin D, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, dan riboflavin. Itulah sebabnya mengapa air kelapa juga dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional sekaligus kecantikan. Di beberapa negara, bahkan sebagian orang menganggap kelapa sebagai tanaman panjang umur, simbol ketenangan dan kedamaian.

Secara khusus, air kelapa kaya potasium (kalium). Selain mineral, air kelapa juga mengandung gula (bervariasi antara 1,7 sampai 2,6 persen) dan protein (0,07- 0,55 persen). Karena komposisi gizi yang demikian ini, maka air kelapa berpotensi dijadikan bahan baku produk pangan.

"Namun, yang perlu diperhatikan, seberapa pun berkhasiatnya suatu makanan, jika dikonsumsi secara berlebihan juga akan berefek buruk bagi tubuh. Oleh karena itu, konsumsilah sesuai kebutuhan," kata Veni Hadju.


Sumber : Fajar.co.id 

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Posting Komentar

Terimakasih Telah Berkunjung Ke Blog ini, Demi Majunya Blog ini Saya Mohon Kritik dan Saran Anda Yang membangun.